Background

karya ilmiah


            Pengaruh Es Degan dengan Sate Kerang dalam Lontong Balap bagi kesehaan Orang Dewasa
Kerang adalah hewan air yang termasuk hewan bertubuh lunak (moluska).
            Pengertian kerang bersifat umum dan tidak memiliki arti secara biologi namun penggunaannya luas dan dipakai dalam kegiatan ekonomi.
       Dalam pengertian paling luas, kerang berarti semua moluska dengan sepasang cangkang (lihat Bivalvia). Dengan pengertian ini, lebih tepat orang menyebutnya kerang-kerangan dan sepadan dengan arti clam yang dipakai di Amerika. Contoh pemakaian seperti ini dapat dilihat pada istilah "kerajinan dari kerang".
       Kata kerang dapat pula berarti semua kerang-kerangan yang hidupnya menempel pada suatu obyek. Ke dalamnya termasuk jenis-jenis yang dapat dimakan, seperti kerang darah dan kerang hijau (kupang awung), namun tidak termasuk jenis-jenis yang dapat dimakan tetapi menggeletak di pasir atau dasar perairan, seperti lokan dan remis.
       Kerang juga dipakai untuk menyebut berbagai kerang-kerangan yang bercangkang tebal, berkapur, dengan pola radial pada cangkang yang tegas. Dalam pengertian ini, kerang hijau tidak termasuk di dalamnya dan lebih tepat disebut kupang. Pengertian yang paling mendekati dalam bahasa Inggris adalah cockle.
       Dalam pengertian yang paling sempit, yang dimaksud sebagai kerang adalah kerang darah (Anadara granosa), sejenis kerang budidaya yang umum dijumpai di wilayah Indo-Pasifik dan banyak dijual di warung atau rumah makan yang menjual hasil laut.
            Semua kerang-kerangan memiliki sepasang cangkang (disebut juga cangkok atau katup) yang biasanya simetri cermin yang terhubung dengan suatu ligamen (jaringan ikat). Pada kebanyakan kerang terdapat dua otot adduktor yang mengatur buka-tutupnya cangkang.
            Kerang tidak memiliki kepala (juga otak) dan hanya simping yang memiliki mata. Organ yang dimiliki adalah ginjal, jantung, mulut, dan anus. Kerang dapat bergerak dengan "kaki" berupa semacam organ pipih yang dikeluarkan dari cangkang sewaktu-waktu atau dengan membuka-tutup cangkang secara mengejut.
            Sistem sirkulasinya terbuka, berarti tidak memiliki pembuluh darah. Pasokan oksigen berasal dari darah yang sangat cair yang kaya nutrisi dan oksigen yang menyelubungi organ-organnya.
            Makanan kerang adalah plankton, dengan cara menyaring. Kerang sendiri merupakan mangsa bagi cumi-cumi dan hiu.Semua kerang adalah jantan ketika muda. Beberapa akan menjadi betina seiring dengan kedewasaan.
Disamping itu, kerang dapat dijadikan santapan lezat. Salah satu ontohnya adalah sate kerang. Sate kerang adalah makanan khas Indonesia terutama dari kota Surabaya. Sate kerang dibuat dari daging kerang. Unik bagi sate ini adalah bahwa daging kerang yang digunakan tidak dibakar atau dipanggang seperti layaknya sate lainnya, melainkan direbus. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan lontong balap, kecap dan sambal.
            Tidak hanya itu, kerang juga dapat digabungkan dengan hidangan lain seperti longtong balap.Lontong balap adalah makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. Lontong balap biasanya didominasi oleh tauge.
            Menurut cerita dahulu lontong balap masih dijual dalam gentong-gentong yang berat dan dipikul ke seluruh kota. Gentong-gentong yang berat menyebabkan para penjual lontong balap ini seraya memikul harus berjalan cepat-cepat, menimbulkan kesan berpacu (dalam bahasa Jawa: balapan). Pada masa sekarang lontong balap lebih sering dijual dalam kereta dorong, meski demikian nama lontong balap tetap tidak berubah.
            Sampai lezatnya paduan lontong balap dengan sate kerang menyebabkan sate kerang menjadi sebuah keharusan saat menyantap lontong balap. Oleh karena itu tidak pas rasanya menyantap hidangan lontong balap tanpa sate kerang.

            Manfaat kerang sebagai bahan makanan adalah sebagai sumber vitamin B12 (cobalamin), nutrisi penting bagi kesehatan kardiovaskular. Vitamin ini berperan dalam menjinakkan homosistein, zat kimia yang dapat merusak dinding pembuluh darah.
            Sekitar 100 gr kerang mengandung 33 persen vitamin B12 dari kebutuhan harian. Konsumsi vitamin B12 juga akan melindungi kolon dari risiko kanker karena mencegah terjadinya mutasi sel. Selain itu, kerang kaya akan asam lemak omega 3, magnesium, dan kalium, yang baik untuk kerja sistem kardiovaskular, sehingga baik sebagai penjaga jantung.
            Mengonsumsi makanan laut, termasuk kerang minimal 1-3 kali per bulan dapat mencegah serangan stroke iskemik. Sementara bila setiap hari kita mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3, misalnya kerang, risiko terjadinya penyakit jantung koroner akan menurun secara bermakna. Demikian hasil penelitian terhadap 41.578 pria dan wanita usia 40-59 tahun di Jepang, yang di muat dalam jurnal Circulation, Januari 2006.
            Di anjurkan mengonsumsi kerang yang di rebus atau di panggang ketimbang yang digoreng untuk mendapatkan manfaat terbaik. Kerang dan makanan laut lainnya adalah sumber utama zat gizi mineral seperti zat besi (Fe), iodium (I), seng (Zn), selenium (Se), kalsium (Ca), fosfor (P), kalium (K), fluor (F), asam lemak omega 3 dan lain - lain. Mineral seafood lebih mudah diserap tubuh dibandingkan mineral yang berasal dari serealia dan kacang - kacangan. Yang perlu di waspadai adalah kandungan purin dalam kerang, sehingga pengidap penyakit asam urat atau gout lebih baik menghindari atau sangat membatasi konsumsinya, juga bagi yang alergi (hypersenstivitas) perlu penyesuaian yang berkala sehingga bisa mengkonsumsinya.
            Fakta menarik dari kerang adalah selain sebagai sumber zat gizi juga sebagai bahan makanan yang meningkatkan vitalitas seseorang. Yang menjadi pertanyaannya adalah benarkah kerang membangkitkan gairah seksual ?. Billy Goldberg, M.D seorang psikiater dan ahli bedah UGD kebangsaan amerika serikat bekerja sama dengan Mark Leyner seorang peneliti dan kajian kesehatan dalam buku mereka “Why Do Men Have Nipples” ; menyatakan bahwa kerang jelas mempunyai bentuk yang bisa di hubungkan dengan anatomi tubuh yang tertentu, tetapi ini tidak menjadikan makanan ini obat perangsang. Banyak makanan dan zat yang dapat di anggap mempunyai kemampuan membangkitkan gairah seksual (afrodiak). Walaupun belum ada penelitian yang benar – benar membuktikan kebenaran dari beberapa teori yang telah di buat untuk kerang. Kerang mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama seng. Seng mengendalikan kadar progesteron, yang mempunyai pengaruh positif terhadap libido
            Disamping itu, kerang memiliki pengaruh bahaya bagi tubuhkarena kerang mengandung logam-logam berat yang dapat merusak tubuh.Tahukah anda, bahwa kerang dapat mengandung racun yang terkadang tak mempan dengan proses pemasakan biasa dan dapat meracuni anda? Ya, kerang selain lezat untuk dimakan juga ternyata mengandung bahaya, jika tidak berhati-hati dapat meracuni anda.
            Selain racun, sebenarnya kerang juga dapat membawa bibit penyakit seperti hepatitis A. Namun tidak boleh dilupakan juga bahwa racun dalam kerang juga bisa berbahaya bagi tubuh manusia.
 4 macam racun yang ada di kerang:
 Paralitic Shellfish Poisoning
            Gejala dimulai 30 menit setelah memakan kerang, diawali dengan perasaan baal di sekitar bibir, lidah dan gusi. Kemudian perasaan baal mulai menyebar hingga anggota tubuh bagian bawah (ujung kaki, tangan, dll) disertai dengan gejala lainnya seperti pusing, lemah dan berbagai gangguan saraf kranial. Sebaliknya, gejala berkaitan dengan saluran cerna justru tak banyak muncul (mual,muntah,dll). Kematian dapat terjadi dalam 12 jam jika tidak cepat tertangani.
 Neurologic Shellfish Poisoning
            Gejalanya lebih ringan dari yang pertama, namun onset mulainya lebih cepat, yakni sekitar 15 menit setelah makan kerang hingga 18 jam. Gejala berkaitan dengan saluran cerna terlihat lebi menonjol dari yang pertama, yakni mual, muntah, vertigo, nyeri sendi dan dapat menggigil atau kepanasan serta gejala flu seperti hiding gatal dan pilek. Selain itu pada racun bentuk kedua ini tidak ditemui kelemahan atau perasaan baal pada anggota tubuh.
 Diarrheal Shellfish Poisoning
            Racun jenis ini paling sering terjadi di Jepang dan negara-negara Eropa. Gejalanya hanya meliputi keluhan-keluhan saluran pencernaan disertai diare dan onset mulainya cepat, yakni segera setelah makan kerang dan berlangsung hingga 2 hari.
 Amnestic Shellfish Poisoning
            Gejala meliputi keluhan saluran encernaan seperti mual, muntah, pusing dan hilang ingatan jangka pendek. Gejala lain meliputi kejang hingga koma dan dapat menyebabkan berkurangnya fungsi kognitif seseorang pada kasus-kasus berat.
            Sekadar diketahui, kerang merupakan salah satu organisme air yang hidup menetap, bersifat filter feeder, dan berkembang biak pada tekanan ekologis yang tinggi. Sesuai dengan sifatnya, maka dalam pertumbuhannya kerang hijau dapat mengakumulasi logam berat dalam tubuhnya jika hidup pada perairan yang terkontaminasi logam berat. Selama ini, kerang hijau yang berada di perairan Teluk Jakarta, diduga telah mengonsumsi logam berat yang berasal dari limbah yang dihasilkan sejumlah kapal besar. Lalu bagaimana mengatasinya jika sudah terlanjur memakannya ?
            Keracunan makanan merupakan gangguan kesehatan yang diakibatkan pengkonsumsian makanan atau minuman yang tidak sehat. Biasanya makanan memililiki kandungan bakteri dan atau toksin, parasit, virus atau bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan ganguan di dalam fungsi normal tubuh.
            Beberapa gejala yang timbul akibat keracunan makanan biasanya ringan, tapi dapat pula sampai berat sehingga memerlukan perawatan rumah sakit. Keracunan juga dapat menyebabkan kematian. Gejala-gejala keracunan antara lain nyeri perut, muntah, sakit kepala, gangguan fungsi neurologis dan ginjal.
            Sebagian besar keracunan makanan akibat kesalahan mengolah makanan, seperti membiarkan makanan telah siap saji pada suhu yang memudahkan bakteri tumbuh, kesalahan memasak atau menghangatkan kembali makanan, kontaminasi silang, dan kontaminasi oleh tangan pengolah makanan (koki).
            Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika menemui kasus keracunan, khususnya pada keracunan makanan yang memiliki gejala diare, yaitu dengan melakukan rehidrasi dan suplementasi elektrolit yang tepat. Sehingga tidak terdapat syok karena kurang cairan di dalam tubuh.
            Kalau begitu, para penjual lontong balap adalah orang-orang ceradas karena disetiap pedagang lontong balap pasti minumannya adalah air kelapa muda. Benarkah begitu ?Lalu bagaimana mengatasi keracunan saat memakan sate kerang dalam lontong balap ? Apa hubungan adanya air kelapa muda dalam setiap penjual lontong balap ?







Categories: Share

Leave a Reply